Tugas Kelompok-2

FedEx

Apa saja knowledge yang penting bagi perusahaan, dan apa dasar menentukan hal tersebut sebagai knowledge yang penting:

  • Express transportation

Merupakan cara pengiriman barang secara efektif, knowledge ini muncul berdasarkan pengiriman sebelumnya yang sudah pernah terjadi. Dari pengalaman tersebut ditemukan jalur tercepat ke suatu daerah atau tujuan secara lengkap termasuk kondisi jalan (kemacetan, rambu-rambu dan halangan-halangan yang sering dihadapi).

Knowledge ini dianggap penting karena core business dari FedEx adalah jasa pengiriman barang, dimana pelanggan membutuhkan service yang cepat dan tepat.

  • Logistic industry

Industri Logistik adalah Industri yang mengelola pendistribusian informasi, barang dan sumber daya lain antara antara titik asal dan titik konsumsi untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Knowledge mengenai Industri Logistik dan perkembangannya penting untuk mendukung proses bisnis dari FedEx.

  • Structural transformation through e-business

Adalah pengalihan sumber daya (resource) secara besar-besaran kedalam sebuah sistem yang dikelola oleh orang lain. Yang mencakup sektor-sektor penting dalam sebuah organisasi/perusahaan.

Knowledge ini dibutuhkan agar FedEx dapat melakukan memperluas jasa layanannya dengan membangun e-business. Sehingga jasanya dapat digunakan oleh lebih banyak orang.

Apakah ada aspek pengaruh lintas budaya di perusahaan

Budaya merupakan kompleks keseluruhan dimana dimasukkannya pengetahuan, keyakinan, seni, hukum, moral, adat-istiadat, dan kemampuan lain apapun serta kebiasaan yang diperoleh oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

FedEx harus menyesuaikan dengan budaya yang ada di negara dimana FedEx melakukan ekspansinya. Meskipun FedEx telah menetapkan standar biaya dan kinerja perusahaan, tetapi tetap saja FedEx harus melakukan penyesuaian budaya, agar layanan yang diberikan FedEx tersebut menjadi pilihan tepat bagi customer dan dapat diterima di negara ekspansinya.

Bagaimana dengan transfer knowledge lintas budaya ini dilakukan atau diatasi permasalahannya

  • Valuing different cultures.

Kemampuan untuk memahami kompleksitas norma budaya dan bagaimana hal tersebut memberi kontribusi bagi terciptanya pengetahuan baru.

  • Building relationship within the host cultures.

Dengan membangun hubungan dengan orang-orang lokal akan memungkinkan proses penciptaan pengetahuan baru.

  • Listening and observing

Kemampuan mendengarkan dan mengamati akan membuat orang memahami budaya lokal dan praktek-praktek yang ada untuk mengerti rasional di belakang praktek tersebut.

  • Coping with ambiguity

Kemampuan untuk melihat permasalahan bukan sebagai sesuatu yang menyebabkan kebingungan tetapi hanya menganggap sebagai sesuatu hal baru yang perlu dipelajari.

  • Translating complex ideas

Kemampuan untuk menjelaskan ide yang kompleks dalam bahasa dan makna local.

  • Taking action

Kemampuan untuk bertindak dan membuat keputusan dan bertindak.

  • Managing others

Kemampuan untuk mengorganisasikan staf local dan expatriate serta mengatasi konflik di antara mereka.

Leave a Reply